Kupon Diskon 50% : off50

Al-Wafi (Syarah Hadits Arbain An-Nawawi)

admin

Al-Wafi (Syarah Hadits Arbain An-Nawawi)

Penulis : Dr. Musthafa Dieb al Bugha dan Dr Muhyiddin Mistu
Penerbit : Insan Kamil
HC | 17 x 24 cm
604 hal | 950 gram
Rp. 110.000,-

Segala puji milik Allah, Buku ini memuat syarah hadits-hadits Arbain An-Nawawi seputar pokok-pokok ajaran islam dan cabang-cabangnya, berikut di antara isinya:

Malu Bagian dari Iman Terjemah hadits Dari Abu Masud Uqbah bin Amr Al-Anshary Al-Badry Radhiyallahu Anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallaahu Alaihi wa Sallam bersabda: Sesungguhnya ungkapan yang telah dikenal orang-orang dari ucapan nabi-nabi terdahulu adalah: Jika engkau tidak malu berbuatlah apa yang engkau suka. (HR. Bukhari).

Hadits riwayat Bukhari pada bagian akhir kitab para nabi no. 3296 dalam kitab adab (Bab: Apabila engkau tidak malu lakukan sesukamu) no. 5769, Abu Daud dalam kitab Adab (Bab: Malu) no. 4796, Ibnu Majah dalam kitab Zuhud (Bab: Malu) no. 4183.

Poin penting dalam hadits ini.

Apabila makna dari malu itu adalah menahan diri dari perbuatan jelek, atau meninggalkan perbuatan tersebut karena takut akibat buruk yang akan menimpanya, maka sesungguhnya seruan untuk meraih akhlak dan membiasakannya dalam kehidupan, adalah melarang setiap kemaksiatan dan kejelekan. Rasa malu merupakan kebaikan yang harus dijaga oleh manusia. Jika kita perhatikan, orang yang tidak memiliki rasa malu akan memiliki kekurangan dan kejelekan, dan malu itu bagian dari kesempurnaan iman, sebagaimana yang dikuatkan dengan sabda Nabi Shallallaahu Alaihi wa Sallam dalam riwayat Bukhari dan Muslim: Malu itu bagian dari iman. Malu itu tidak akan mendatangkan kecuali kebaikan. (HR. Bukhari dan Muslim)

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar